Blind van dari Daihatsu cukup populer di Indonesia, salah satunya adalah Daihatsu Gran Max MB. Akomodasi mobil cukup luas dan kabin yang tinggi sehingga nyaman untuk membawa orang dalam jumlah yang banyak.  Selain daya tampung yang banyak, mobil ini juga cukup bertenaga dan stabil meskipun membawa beban berat. Di versi 2019, ada 3 jenis Gran Max MB yang dirilis di Indonesia.

Daihatsu Gran Max MB

Spesifikasi Daihatsu Gran Max MB

Dapur pacu mobil Grand Max MB terganung pada tipenya. Untuk mobil dengan tipe 1.3 D Front Facing, kapasitas mesinnya adalah 1298 cc dengan tenaga 87 HP dan nilai torsi sebesar 115 Nm. Berbeda dengan tipe 1.5 D Face to Face yang menggunakan mesin berkapasitas 1495 cc. Tenaga mobil sebesar 96 hp dengan nilai torsi sebesar 134 Nm. Performanya hampir setara dengan Daihatsu Ayla.

Masing-masing mesin memiliki 4 silinder dengan katup DOHC di masing-masing silindernya. Bahan bakar yang digunakan adalah bensin dengan sistem suplai EFI. Van ini cukup bisa menghemat bahan bakar. Perjalanan dalam kota, mobil hanya menghabiskan 1 liter untuk sejauh 15 km. Dimensi mobil memiliki panjang 4405 mm, lebar 1665 mm, tinggi 1900 mm dan ground clearance setinggi 165 mm.

Yang menjadi kekurangan dari blind van ini adalah spesifikasi keamanan dan keselamatannya. Di sisi keamanan, tidak ada alarm, smart entry, maupun perangkat anti maling. Sementara sisi keselamatan penumpang hanya dijamin sabuk pengaman hingga ke penumpang belakang, pelindung benturan samping dan child safety lock. Modul ABS, EBD, airbag dan sensor parkir belum ada di mobil ini.

Interior Daihatsu Gran Max MB

Grand Max memiliki warna interior hitam dengan paduan abu-abu. Di bagian trim pintu, desainnya standar dengan sebuah handle dan hand grip warna hitam, dilapisi dengan bahan kain, speaker, dan pengunci pintu. Kemudinya berdesain palang 3 dengan bahan plastik dan polos tanpa tombol steering switch. Dashboard mobil memiliki warna yang hitam dan terbuat dari plastik keras.

Bagi pengguna yang menyukai hiburan selama di perjalanan, sayangnya mobil ini tidak bisa diandalkan lantaran head unitnya tampil di bawah standar. Hanya ada pilihan radio AM/FM disertai dengan speaker saja. Tidak ada monitor layar sentuh, CD/DVD player, bluetooth, maupun soket USB. Kisi AC terdapat dua buah di sisi head unit dan masih dikendalikan secara manual.

Mobil ini memiliki variasi jumlah kursi. Tipe Front Facing memiliki kapasitas penumpang sebanyak 8 orang, sementara Face to Face berkapasitas sebanyak 9 penumpang. Masing-masing joknya dilapisi dengan bahan kain yang lembut. Sebagai sistem keselamatannya, penumpang difasilitasi dengan sabuk pengaman yang adjustable, headrest dan juga anti benturan di bagian sampingnya.

Exterior Daihatsu Gran Max MB

Berbeda dengan Daihatsu Terios, tampak depan dari mobil ini seperti sebuah box. Grillenya berukuran kecil dengan warna hitam. Logo Daihatsu seperti sebuah ukiran di atas grille. Begitu juga air intake di bawah yang berwarna hitam dan berukuran kecil. Desain lampu utama berbentuk persergi panjang dan berdampingan dengan lampu sein. Keduanya masing menggunakan jenis lampu berupa halogen.

Berbeda dengan mobil seperti Daihatsu Sigra, Gran Max memiliki pintu bukaan dengan model geser ke belakang. Di sisi sampignya ada lining silver yang menjadi penggeser pintu. Handle pintu memiliki warna hitam dan bermodel tuas. Ban yang digunakan oleh mobil ini adalah radial dengan profil 165/80 R13. Velgnya bertipe alloy. Berbeda dengan bodinya, ban mobil ini berukuran kecil.

Bagian belakang mobil juga tampil polos tanpa dekorasi yang membuatnya terlihat rumit dan ramai. Lampu stop ada di kedua sisi dengan desain memanjang ke bawah dan menggunakan jenis halogen. Handle pembuka pintu bagasi berwarna hitam dan terletak di samping kiri. Logo Daihatsu ada di bagian tengah dan emblem Grand Max ada di sisi kanan.

Harga Daihatsu Gran Max MB

Mobil ini terbagi ke dalam 3 varian yang berbeda, sehingga harganya juga ikut bervariasi. Daihatsu Gran Max MB dengan tipe 1.3 D Face to Face dibanderol dengan harga Rp 163,38 juta. Sementara tipe 1.3 D Front Facing dibanderol dengan harga Rp 169,78 juta. Varian yang termahal dari mobil in adalag tipe 1.5 D Face to Face yang dijual dengan harga Rp 179,38 juta.

Apakah anda sedang merencanakan untuk berwisata ke Yogyakarta? Anda bisa mendapatkan paket wisata Jogja terbaik dari berbagai agen wisata di kota gudeg ini.